Only happy people can make other people happy. Keriangan, kebahagiaan, akan membuat orang-orang yang bekerja dengan kita memiliki energi yang lebih. Dan kabar baiknya, ketika orang-orang yang bekerja dengan kita memiliki kebahagiaan yang cukup, mereka akan memiliki dedikasi yang baik pada tempat di mana mereka bekerja.

Kita sudah sering mendengar orang-orang yang berkeluh kesah, sedih, juga kecewa dengan tempat di mana mereka bekerja, bukan? Atau bahkan kita sendiri juga pernah mengalaminya. Maka, pastikan usaha kreatif yang tengah kita kembangkan ini memiliki iklim yang bisa membahagiakan siapa saja.

[bctt tweet=”Talking won’t make you any wiser. Listening can make you the wisest person in the world. “]

Pertama, selalu menyediakan waktu untuk mendengarkan curahan hati tentang pekerjaan mereka. Banyak orang keluar dari pekerjaan mereka karena frustasi. Kegalauan yang tak tersampaikan. Jangan sampai hal itu terulang di perusahaanmu.

Kedua, menyampaikan kritik dan makian di depan umum bisa membuat mereka berubah drastis menjadi orang yang begitu tidak antusias dengan pekerjaan dan juga usaha yang sedang kita kembangkan ini. Bahkan, parahnya bisa dengan terselubung pelan-pelan menjelek-jelekkan citra perusahaan ke orang-orang.

Ketiga, jangan segan sampaikan pujian. Hargai pekerjaan-pekerjaan yang telah mereka lakukan dengan baik. Tak pernah ada salahnya melakukan itu.

Rayakan kemenangan dan keberhasilan bersama-sama. Pastikan berbisnis dengan riang dan bersikap minim tekanan, walau tentu aslinya tak seperti itu. Tetapi, jika ternyata bisnis hanya membuat kita stres, alangkah lebih baiknya untuk tidak melakukannya saja.

[pullquote]
Fulfillment is when you are living in the present, happy about the past, and excited for the future. Pastikan bisnis kreatifmu dan juga dirimu seperti itu.
[/pullquote]

Alangkah sangat menyenangkan, bekerja dengan orang-orang baik nan hebat, dan bersenang-senang dengan mereka setiap saat untuk menciptakan terobosan-terobosan keren dan mengagumkan.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.