12 Karakter Wajib Creativepreneur

Mengarungi hidup sebagai seorang creativepreneur adalah anugerah, sekaligus sebuah tantangan. Anugerah, karena tak semua orang bisa menjadi creativepreneur. Pengusaha kreatif yang menghadirkan produk atau jasa kreatif untuk menyelesaikan permasalahan orang-orang. Dan tantangan, karena sebagaimana dalam dunia usaha pada umumnya, selalu saja ada hal-hal yang menakjubkan, yah, mengagetkan, yang ada di hadapan untuk harus terus diselesaikan.

Nah, untuk kamu yang ingin maupun yang sudah terjun menjadi creativepreneur, kedua belas karakter ini harus ada dan tertanam dalam diri kamu.

1 – Adaptability

Kemampuan untuk menghadapi situasi baru dan menemukan solusi kreatif dari permasalahan-permasalahan yang ada. Misalkan dengan isu kenaikan BBM, perubahan customer behavior, dan aspek-aspek lainnya yang perlu disikapi dengan cepat.

Setiap pengusaha kreatif harus selalu beradaptasi pada situasi baru dan menemukan solusi kreatif atas permasalahan-permasalahan tersebut.

2 – Competitiveness

Kesediaan untuk terus bersaing dan menguji diri sendiri terhadap yang lain. Dalam dunia usaha, akan selalu ada dan juga tumbuh pesaing-pesaing baru. Hal ini wajar dan pasti akan dialami oleh semua pengusaha. Makanya, sikap untuk terus mau berkompetisi, melakukan yang terbaik, dan menghadirkan kekuatan terbaik harus menjadi karakter.

3 – Confidence

Sikap penuh keyakinan bahwa kamu bisa melalukan apa yang telah kamu terapkan dengan konsisten. Tetapi, sikap percaya diri jangan berlebihan, namun harus ditingkatkan. Kepercayaan diri harus ada, agar kamu bisa membangun networking dengan lebih baik. Apalagi, misalkan ketika pas presentasi. Tentu sangat aneh bila kamu tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup akan produk atau jasamu sendiri. Jika kamu tidak cukup percaya dengan produk atau jasamu, mengapa orang lain harus percaya, bukan?

4 – Discipline

Kemampuan untuk tetap fokus dan taat pada jadwal dan rencana serta deadline. Disiplin pada setiap target harian. Target bulanan. Juga target tahunan. Semua harus dilakukan dengan determinasi dan disiplin yang kuat. Tentu, membangun bisnis tidak dilakukan dan dikembangkan dalam satu atau dua hari saja. Maka, tanpa disiplin yang cukup, bisnismu tak akan ke mana-mana.

5 – Passion

Gairah untuk terus bekerja keras dalam mencapai tujuan. Passion akan memacu semangatmu dalam berkarya dan bekerja serta tak mudah bosan. Passion akan membuatmu bertahan, di saat teman-temanmu seangkatan sudah mulai menyerah pada bisnisnya. Passion akan membuatmu mampu melihat visi lebih jauh dan juga lebih jernih.

6 – Honesty

Komitmen untuk berpegang teguh pada kebenaran, tidak dusta, dan bersikap fair setiap kali harus berhubungan dengan orang lain. Sikap jujur akan membuat loyalitas pelanggan membesar. Usaha yang kamu jalankan pun akan semakin lancar.

7 – Organizing

Kemampuan untuk mengorganisasikan atau mengatur segala sesuatu agar mencapai tujuan. Dengan tim kerja yang solid, usaha yang kamu jalankan akan lebih mudah mencapai tujuan. Jangan dikira, membangun bisnis adalah tentang kamu. Bukan, ini adalah tentang timmu dan tentang pelanggan-pelangganmu. Saat kamu tak memiliki kemampuan untuk mengatur dan memberikan delegasi, atau merancang sesuatu, bisnismu akan tidak berjalan baik.

8 – Perseverance

Kegigihan untuk terus bertahan mencapai tujuan, apa pun kendalanya. Kegagalan dan kerugian membuat semua rintangan tersebut bisa dilibas dengan baik. Memang butuh waktu lama, tetapi itu sepadan, kok.

9 – Persuasiveness

Kemampuan membuat orang lain tertarik dan meyakinkan orang lain atas ide kamu. Ber-networking dan bernegosiasi tentu butuh kemampuan untuk meyakinkan orang lain atas ide-ide brilianmu. Ide terbaik tanpa suguhan kemampuan meyakinkan kepada rekan bisnis maupun calon klien, tentu sia-sia saja.

10 – Risk Taking

Dorongan untuk berani menghadapi dan mengambil risiko. Dalam perjalanan panjang membangun bisnis, risiko akan selalu ada dan hadir dalam perjalanan. Tanpa keberanian mengambil risiko dan keteguhan hati untuk menyelesaikannya hingga tuntas, akan membuat bisnismu stagnan.

11 – Understanding

Kemampuan untuk mendengarkan dan berempati kepada orang lain. Kemampuan mendengar dan memahami konsumen dan mitra kerja akan memberikan dampak luar biasa terhadap kemajuan usaha kamu.

12 – Vision

Kemampuan untuk melihat hasil akhir dari tujuan kamu sambil bekerja untuk mencapainya. Visi bagi seorang pengusaha adalah target pengembangan usaha yang hendak dicapainya di masa depan.

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

Leave a Comment